Pulau Belitung dan 5 Objek Wisata Hidden Gems yang Harus Anda Kunjungi

Pulau Belitung, atau Belitong, diambil dari nama sejenis siput laut. Dulu sempat dikenal dengan nama Biliton, dan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Berbentuk pulau yang indah di lepas pantai timur Sumatra, diapit oleh Selat Karimata dan Selat Gaspar.

Biasanya, saat kita mendengar kata “Belitung”, ada 2 hal yang langsung terlintas di kepala: tambang dan wisata. Memang kedua hal ini sangat identik dengan Pulau Belitung. Pulau ini adalah penghasil timah putih, pasir kuarsa, hingga granit. Belitung juga mulai memuncaki kepopulerannya saat diangkat menjadi setting film Laskar Pelangi, yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Andrea Hirata, sehingga banyak orang datang ke Belitung sekadar untuk menikmati deretan pantainya yang indah.
Pulau Belitung
Pulau Belitung


Di antara sekian banyak objek wisata Pulau Belitung yang terkenal, ada 5 hidden gems--atau istilahnya, objek wisata tersembunyi antimainstream, yang harus Anda kunjungi. Ini dia mereka.

5 Objek Wisata Hidden Gems di Pulau Belitung yang Jangan Sampai Anda Lewatkan untuk Dikunjungi


1. Niagara Gurok Beraye


Niagara Gurok Beraye merupakan salah satu destinasi air terjun alami yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, keberadaan air terjun ini belum terlalu banyak diketahui oleh wisatawan.

Masih sangat asli dan alami, begitu asri, sejuk, dan lengang, air terjun ini tak terlalu tinggi dan memiliki air yang sangat jernih, yang alirannya berasal langsung dari mata air Gunung Tajam.

Ketika Anda sampai di sini, Anda pasti tak akan dapat menahan diri untuk tidak segera menceburkan diri ke kolam yang ada di kaki air terjun.

2. Taman Wisata Batu Mentas


Masih di kaki Gunung Tajam, di desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, ada juga Taman Wisata Batu Mentas yang wajib Anda masukkan ke dalam itinerary Anda selama berwisata ke Pulau Belitung.

Taman Wisata Batu Mentas dibangun dengan konsep destinasi wisata terpadu, yang merangkum hutan lindung, sungai indah yang dikelilingi batu granit, serta suguhan kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Ada satu fauna istimewa yang dapat Anda temukan di sini, yaitu Tarsius Bancanus Saltator, yang termasuk hewan langka yang harus dilindungi. Anda dapat melihat mereka berkeliaran dengan bebas ataupun di dalam sangkar.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman wisata yang baru dikembangkan ini, mulai dari berjalan-jalan menikmati alam, berenang, outbond, sampai arung jeram.

3. Pantai Bukit Berahu


Ingin menikmati pantai yang tenang nan indah? Pantai Bukit Berahu yang berada di desa Sijuk Pulau Belitung ini bisa menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi. Pantai ini dikelilingi oleh bebatuan besar yang tampak seakan seperti ditata bak permata di sepanjang pantainya. Ombaknya cukup tenang dengan pasir putih bersih di sepanjang pantai menyajikan pemandangan eksotis yang mungkin tak dapat Anda temukan di pantai mana pun.

Ada beberapa penginapan yang bisa menjadi tempat singgah jika Anda memutuskan untuk tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan pantai ini. Juga banyak restoran yang menyajikan menu-menu lezat, juga ada fasilitas playground yang membuat destinasi wisata ini dikenal sebagai destinasi ramah anak.

4. Pantai Burung Mandi


Pantai yang berlokasi di desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata antimainstream Anda selama kunjungan ke Pulau Belitung.

Berada tak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi, karakteristik Pantai Burung Mandi ini agak berbeda. Tidak ada batu-batu raksasa di sini, tetapi Anda tetap bisa menikmati hamparan pasir putih dan ombak pantai tenang dengan air yang sangat jernih.

Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap. Ada warung dan restoran yang bisa Anda singgahi, dan beberapa penginapan homestay yang bisa jadi pilihan tinggal jika Anda ingin lebih lama berada di sini. Pantai ini berlokasi di sebuah desa nelayan, sehingga cukup ramai--terutama di saat weekend.


5. Eco Wisata Gusong Bugis


Destinasi terakhir dalam daftar hidden gems di Pulau Belitung ini adalah Eco Wisata Gusong Bugis. Ini adalah objek wisata yang baru dikembangkan oleh pemerintah setempat, yang memadukan keindahan alam pantai dan hutan mangrove. Di sini juga ada tambak ikan, tempat edukasi, restoran, hingga museum mini yang dapat Anda jelajahi.

Awalnya, lokasi ini merupakan lokasi pertambahan timah. Saat timah sudah habis, maka daerah ini ditinggalkan begitu saja. Oleh penduduk sekitar, lokasi ini lantas dikelola dengan penanaman hutan bakau untuk memulihkan kondisi lingkungan serta dibangunlah beberapa fasilitas rekreasi. Hasilnya, sekarang Eco Wisata Gusong Bugis menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan selama kunjungan di Pulau Belitung.

Nah, bagaimana? Sekiranya daftar hidden gems objek wisata di Pulau Belitung di atas bisa menambah referensi saat Anda menyusun itinerary ya?

LihatTutupKomentar