Pantai Lengkuas Belitung Sejarah Dan Keistimewaan

Pantai Lengkuas Belitung Sejarah Dan Keistimewaan , negara Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tempat wisata. Salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata sangat indah adalah Kabupaten Belitung. Kabupaten Belitung sendiri memiliki berbagai tempat wisata antaranya Pantai Pulau Lengkuas Belitung, Rumah Keong, Kampoeng Fifi, dan lain sebagainya. Dari ke semua tempat wisata tersebut tentunya memiliki kelebihan tersendiri.

Salah satunya adalah Pantai Pulau Lengkuas Belitung. Lokasi Pulau Lengkuas Belitung tepatnya berada di Kecamatan Sijuk. Pulau Lengkuas sendiri merupakan salah satu pulau di antara banyaknya pulau yang ada di Kabupaten Belitung. Selain itu, pulau tersebut termasuk kategori pulau kecil karena bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit saja loh. Transportasi yang digunakan pastinya adalah perahu yang disewa.

Pantai Lengkuas Belitung
Pulau Lengkuas


Sejarah Singkat Pemberian Nama Pantai Lengkuas


Pantai Lengkuas di Belitung awalnya didirikan pada tahun 1882 oleh pemerintah Kolonial Belanda. Adapun hal yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah mercusuar nya yang dibangun oleh Belanda. Alasan Belanda membangun mercusuar tersebut untuk mengawasi kapal yang mondar mandir di kawasan perairan Belitung kala itu. Dimana Pulau Belitung memang sejak dulu sudah dijadikan sebagai lalu lintas perdagangan.

Pada awalnya nama dari mercusuar tersebut adalah Vervaardigd Door L.I. Enthoven & Co Fabrikanten Te Gravenhage. Arti dari nama yang dicantumkan adalah menara yang dibangun oleh L.I. Enthoven Co. Nama tersebut sekaligus nama dari salah satu perusahaan yang ada di Belanda. Akan tetapi, masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan nama Mercusuar L.I. Enthoven.

Pada nyatanya pengucapan nama mercusuar tersebut masih sulit diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu nama pulau tersebut diubah menjadi Pulau Lighthouse. Meskipun sudah diubah namun masyarakat masih susah penyebutannya. Maka dari itu, kata Lighthouse kembali diubah menjadi kata Lengkuas yang sampai saat ini sudah melekat.


Keistimewaan Apa Saja Yang Ada di Pulau Lengkuas ?


Setiap tempat atau wahana wisata tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan tujuan agar pengunjung tertarik datang ke tempat tersebut. Sama halnya dengan Pulau Lengkuas atau Pantai Lengkuas yang juga memiliki keistimewaan sehingga pengunjung tertarik ke pulau tersebut. Yuk simak keistimewaan apa saja yang dimiliki oleh Pulau Lengkuas berikut ini.

Memiliki Spot Snorkeling dan Diving


Keistimewaan yang pertama adalah memiliki spot snorkeling dan diving yang sangat luar biasa. Dengan kata lain bahwa Pulau Lengkuas memiliki pemandangan yang sangat indah dan keren yang berada di bawah laut. Ketika berada di bawah laut, Anda akan disodorkan dengan berbagai jenis ikan yang ada.

Bukan hanya itu saja, Anda juga akan melihat ekosistem laut dari pulau ini yang masih tetap terjaga. Oleh karena itu, membuat pengunjung tidak merasa menyesal saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Adapun mengenai lokasi snorkeling, tentunya tidak jauh dari pulau dan bisa ditempuh menggunakan perahu nelayan.

Memiliki Mercusuar Yang Sangat Tinggi


Tidak semua tempat wisata yang berupa pantai memiliki mercusuar loh. Hanya Pulau Lengkuas saja yang memiliki mercusuar tersebut dan dijadikan sebagai keistimewaan tersendiri. Tujuan dari pembangunan mercusuar yang ada di pantai ini adalah untuk memantau lalu lintas laut yang masuk dan keluar dalam setiap harinya.

Perlu pula Anda ketahui bahwasanya mercusuar ini diberikan nama Mercusuar L.I. Enthoven. Dengan alasan bahwa mercusuar ini dibangun oleh bangsa Kolonial Belanda yang menjajah pada waktu itu. Uniknya lagi, pengunjung sangat diperbolehkan untuk naik ke mercusuar ini meskipun hanya sekedar mengambil foto.


Terdapat Batu Granit Megah


Batu granit dapat diartikan sebagai salah satu jenis batuan intrusif, igneous, dan felsik yang sangat mudah ditemui. Mengenai tekstur yang dimiliki batu granit tersebut tentunya keras dan juga sangat kuat. Oleh karena itu, batuan ini bisa kita temui di Pulau Lengkuas yang sudah tersusun dengan sangat rapi di pulau tersebut.

Dengan adanya batuan granit yang disusun secara megah bisa menjadi latar belakang foto untuk pengunjung yang datang ke pulau ini. Akan tetapi banyak juga yang mengira bahwa batu granit yang tersusun megah adalah buatan manusia. Hal tersebut tidaklah benar, karena melihat bentuknya manusia tentunya tidak sanggup untuk membuatnya.

Memiliki Penangkaran Penyu


Pada umumnya, hewan penyu merupakan hewan yang sangat dilindungi oleh negara. Mengapa demikian ? Karena jenis hewan yang satu ini dapat dikatakan keberadaannya sudah terancam punah. Bagaimana tidak, penyu memang memiliki siklus bertelur dalam jangka yang sangat panjang yakni 2-8 tahun sekali.

Melihat hal tersebut, Pulau Lengkuas ternyata memiliki tempat penangkaran penyu. Dengan tujuan untuk melindungi dan menghindari terjadinya kepunahan hewan ini. Oleh karena itu, setiap penyu yang ada di pulau akan dilestarikan. Penangkaran penyu juga dapat dijadikan sebagai background foto untuk para pengunjung.

Baca Juga: 

Nah, itulah beberapa paparan mengenai Pulau Lengkuas mulai dari sejarah pemberian namanya dan keistimewaan yang ada di pulau tersebut. Dimana keistimewaan tersebut yang dijadikan alasan oleh para pengunjung untuk datang ke pulau ini. Salah satunya karena pulau ini memiliki mercusuar dan pantai lengkuas di belitung yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya.
LihatTutupKomentar