Oleh Oleh Khas Belitung yang Lezat dan Unik

Oleh Oleh Khas Belitung yang Lezat dan Unik, Belitung merupakan salah satu daerah destinasi wisata di Indonesia yang dikenal dengan sebutan negeri laskar pelangi.

Ada beragam pilihan objek wisata pantai dengan keindahan yang memukau di pulau yang terletak di bagian timur pulau bangka ini.

Selain itu, Belitung juga memiliki beragam produk olahan lokal berupa makanan khas tradisional, cinderamata, ragam kuliner dan pernak pernik sourvenir yang dapat dijadikan sebagai oleh oleh khas Belitung untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh Khas Belitung
Oleh-oleh Khas


Diantara oleh oleh khas Belitung tersebut antara lain:


1. Pempek Belitung


Siapa sih yang tidak mengenal pempek? Ketika kita mendengarnya, lansung saja teringat dengan sebuah kota yang memiliki jembatan ampera bernama "Palembang". Namun, pempek yang satu ini bukan dari kota tersebut melainkan dari Belitung.

Letak perbedaannya ada pada bahan dasar pembuatan dan tata cara penyajiannya. Pempek Belitung terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan ikan tenggiri segar. Kemudian penyajiannya tidak dengan cara digoreng, hanya dikukus dan dipadukan dengan kuah sambal tauco atau sambal jeruk kunci.

Pempek belitung ini dapat dijadikan sebagai oleh oleh makanan khas belitung yang dapat dibawa pulang. Harga untuk 15 buah pempek yang sudah jadi dikisaran Rp 150.000,- saja dan mampu bertahan selama 1 minggu lamanya jika disimpan di dalam lemari pendigin.

2. Sirup jeruk kunci


Cukuplah mudah untuk mendapatkan oleh oleh khas belitung yang satu ini karena dapat kita temukan di banyak toko ataupun minimarket di kota Belitung.

Biasanya, sirup jeruk kunci ini dikemas di dalam botol plastik layaknya minuman kemasan lainnya.
Soal rasa, dijamin menyegarkan sedikit asam dan manis. Berbeda dari rasa minuman kemasan yang terbuat dari sari jeruk pada umumnya.

Karena minuman ini dibuat dari perasan sari jeruk kunci atau jeruk nipis, jeruk kalamchi dan varian lainnya yang di oleh secara khusus. Harganya pun cukuplah murah dikisaran Rp 35.000,- saja. Dengan harga yang terjangkau, ada beragam manfaatkan kesehatan yang kita dapatkan terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena pada sirup ini mengandung vitamin C yang tinggi.

3. Rusip Belitung


Jika kamu termasuk penggemar kuliner ekstrem, tak ada salahnya untuk mencoba oleh oleh khas belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan dan udang dipadukan dengan campuran bumbu rempah pilihan seperti bawang merah, cabai, jeruk kunci dan sebagainya, kemudian difermentasi selama beberapa hari.
Rusip belitung ini memang cocok dipadukan dengan lalapan mentah dari aneka sayuran dan buah - buahan. Selain itu, cocok juga disantap bersamaan dengan makanan yang digoreng.

Proses pembuatannya memang sedikit ekstrem, namun rasanya dijamin dapat menggugah selera makan penikmatnya. Harga rusip belitung ini pun cukup lah terjangkau dikisaran Rp 30.000,- saja.


4. Keripik Siput Gonggong


Salah satu oleh oleh makanan khas belitung yang paling banyak digemari oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara yakni keripik siput gonggong. Hal ini dikarenakan citaranya yang gurih, lezat dan kriyuk.

Sangat cocok disantap dengan makanan berkuah seperti soto, bakso, nasi putih ataupun dapat dinikmati secara langsung. Tidak sulit untuk mendapatkan oleh - oleh dari belitung ini, karena dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh - oleh, pusat swalayan dan sebagainya.

Namun, harganya sedikit lebih mahal dikisaran Rp 55.000,-/100 gram, dikarenakan sulitnya mendapatkan bahan baku yakni siput gonggong (siput laut yang hidup di terumbu karang, bibir pantai dan menempel di bebatuan granit).

5. Akar bahar


Souvenir khas belitung yang satu ini terbilang unik dan memiliki nilai seni yang begitu tinggi.

Bukan hanya itu saja, bagi pemakainya juga akan merasakan manfaat kesehataan seperti dapat mencegah penyakit rheumatik, melancarkan peredaran darah dan sebagainya.
Hanya saja, Sourvenir akar bahar berupa kalung, gelang, tasbih dan sebagainya memiliki nilai jual yang lumayan mahal. Dan semakin memiliki nilai seni yang tinggi, maka nilai jual akar bahar akan semakin tinggi.

Harganya ada dikisaran raturan ribu bahkan puluhan juta rupiah. Namun, ada pula dikisaran puluhan ribu rupiah hanya berupa gelang akar bahar biasa.

6. Batu satam


Batu satam adalah bebatuan yang terbentuk dari meteorid yang jatuh di kawasan Belitung kemudian bercampur dengan mineral timah, tembaga dan sebagainya hingga mengkristal berwarna hitam berkilau.

Batu satam juga merupakan souvenir khas belitung yang paling diminati oleh banyak wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Ketika mengunjungi pulau Belitung, anda dapat menemukan beragam jenis sourvernir ataupun cindramata yang terbuat dari batu satam berupa kalung, gelang, cincin dan sebagainya. Hanya saja, harganya bisa jadi setara dengan emas yang ada dikisaran Rp 100.000,- hingga puluhan juta rupiah.

7. Kerajinan kerang


Belitung sangat terkenal dengan tangkapan hasil lautnya, termasuk beragam jenis kerang - kerangan.

Bagian dari daging kerang dioleh menjadi beragam jenis makanan dan kuliner seperti kerupuk, otak - otak dan sebagainya. Sedangkan cangkangnya dibuat beragam sorvenir belitung yang menarik.

Ada banyak sekali pengerajin kerang yang dapat kita temukan di Belitung. Beragam jenis cinderamata dari kerang yang dapat kita jumpai seperti vas bunga, bros, gantungan kunci, bingkai foto, gantungan pintu dan sebagainya.

Itulah beberapa rekomendasi oleh oleh khas belitung dan beberapa souvenir khas belitung yang wajib anda beli pada saat berkunjung ke pulau Belitung.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencicipi beragam kuliner khas belitung yang lezat
LihatTutupKomentar