Daun Simpor Pembungkus Makanan yang Khas Di Belitung

Daun simpor adalah Daun untuk pembungkus makanan Yang di pakai orang - orang belitung dari  dahulu. Selain fungsi sebagai alas makan daun simpor biasa juga di pakai sebagai pembungkus barang yang biasa di gunakan masarakat Kepulauan Bangka belitung.

Daun khas belitung

Memang setiap Daerah Memiliki keunikan sendiri sendiri , seperti di daerah jawa  masarakat daerah jawa banyak menggunakan  daun pisang atau daun jati sebagai pembungkus ciri khas Nya.

Beda halNya Dengan daerah belitung,di belitung banyak menggunakan daun simpor sebagai ciri khas ny.
Daun yang lebar dan juga sangat tebal memiliki aroma yang khas jika di pakai di makanan.

Sampai Menjadi ciri kas pembuatan batik di belitung dengan motif Daun simpor dengan motif tulang daun sebagai Motif kehasan Daerah Belitung.

Daun ini lebih banyak di gunakan masarakat sehari hari.biasa dauan simpor di manfaatkan sebagai alas penyajian makanan, pembuatan lontong, pembuatan tempe,dan untuk pembungkus jika berbelanja di pasar.

Daun simpor sangat banyak di temui di daerah Belitung, Tumbuhan ini tidak perlu di tanam atau pemeliharan khusus. Tumbuhan ini hidup di daerah Apa saja, apalagi di daerah yang banyak mengandung Air (seperti di tepian sungai).

Simpor atau Bahasa lain (Dillenia) Ini tumbuhan Yang subur,  Pohon ini Mempunyai Khas karena Pohon nya cuma Ranting dan Daun, Yang sangat Subur. tidak berbuah, Dan tinggi nya Sekitr 2 sampai 3 meter dari Tanah. Dan Mempunyai bunga merah, yang sangat di minati burung untuk Makan an.

Simpor terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis Simpor laki dan simpor bini (warga belitung menyebutnya). Tapi yang paling banyak di temui yaitu simpor bini karna daun nya yang lebar dan Yang paling subur.
Beda dengan simpor laki, simpor laki langka, sampai jarang orang menemukan jenis simpor laki. Simpor laki memiliki pohon yang khusus,  pohon ny tidak bercabang beda dengan simpor bini. Pohan nya  lurus Dan Tinggi.

Simpor laki paling banyak di cari warga lokal Belitung, Menurut cerita kalau menemukan simpor laki kayu Pohon nya bisa di pakai buat penangkal  dari hewan hewan buas seperti ular dan lain - lain.

Ternyata selain Fungsi sebagai alas makan dan pembungkus, Daun Simpor juga berfungsi sebagai :

* Mengobati Panas Dalam
* Meredakan Radang Usus
* Mengobati Diare
* Obat sakit Kulit

Itu sedikit informasi dari  Admin, jika kalian berkunjung ke Bangka / Belitung kalian akan di suguhi makanan dengan alas daun simpor sebagi ciri khas nya...

Dan Selamat Membaca .... incyra.
LihatTutupKomentar